• Depan >
  • Kelana >
  • Travel >
  • Video GIF Simulasi Virus Menyebar di Pesawat Membuat Orang Waspada
Video GIF Simulasi Virus Menyebar di Pesawat Membuat Orang Waspada

Video GIF Simulasi Virus Menyebar di Pesawat Membuat Orang Waspada

1 menit baca

Kuman atau virus dapat menyebar lebih jauh dari yang Anda sadari saat menjadi penumpang di pesawat. Simak informasinya di sini.

Kini, berkat pandemi virus corona CoViD-19, semakin banyak maskapai penerbangan yang mengharuskan penumpang mengenakan masker medis selama penerbangan. Sebuah video berformat GIF dari Washington Post menunjukkan alasannya.

Video GIF berisi animasi mengejutkan yang menunjukkan bagaimana tetesan yang dikeluarkan oleh satu penumpang batuk - dan berpotensi mengandung virus - dapat menyebar ke penumpang lain yang duduk di dekatnya.

Analisis dari penerbangan tahun 2003 dengan penumpang yang terinfeksi SARS menemukan risiko infeksi tertinggi berada di baris yang sama hingga tiga baris di depan, tetapi tidak menutup kemungkinan dua orang yang berada di tujuh baris terjauhnya juga terinfeksi, serta pramugari yang berkeliling.

Surat kabar itu melaporkan bahwa para peneliti sedang berupaya untuk membatasi penyebaran kuman atau virus di dalam pesawat, tetapi pekerjaan ini akan terlambat untuk situasi saat ini.

"Ini datang terlalu cepat bagi kita," ujar David J. Brennerdari Center for Radiological Research, Columbia, yang sedang meneliti penggunaan sinar ultraviolet sebagai pembunuh potensial kuman di kabin pesawat terbang, bandara, rumah sakit, dan sekolah.

Washington Post juga memeriksa metode lain yang bisa membuat minim kuman pada kabin pesawat, termasuk perubahan pada sistem ventilasi dan perubahan desain lainnya. Namun, informasi pada GIF ini yang paling mendapat perhatian di media sosial.

Photo by Alev Takil on Unsplash