Trik Cerdas Atasi Stres Akibat Pekerjaan

Trik Cerdas Atasi Stres Akibat Pekerjaan

1 menit baca

Stres dapat mengganggu performa kerja. Saatnya mampu mengenali sumber stres dan mengelolanya, terutama ketika sedang banyak tekanan pekerjaan di kantor.

Saat seseorang alami stres, tubuhnya akan memproduksi hormon cortisol dan adrenaline yang berdampak negatif terhadap kekebalan tubuh. Gejala fisik yang dirasakan adalah mudah lelah, gampang mengalami infeksi kambuhan, seperti; pilek juga diare. Kondisi ini tentulah akan mengganggu performa kerja, terlebih lagi saat pekerjaan sedang sangat menuntut perhatian. Tak heran jika para ahli kesehatan selalu mengingatkan agar setiap orang mampu mengenali sumber stres dan mengelolanya, selain rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Melakukan hobi dan relaksasi adalah alternatif cara mengelola stres. Tapi jika Anda sedang berada di kantor dan mengalami stres akibat tekanan pekerjaan, lakukan hal berikut untuk mengatasinya.

  1. Stretching atau peregangan tubuh sebaiknya dilakukan setiap rentang waktu kerja tertentu, bisa dengan atau saat berjalan ke toilet
  2. Dengarkan musik. Musik adalah salah satu "makanan jiwa". Pilih musik yang menenangkan, dengarkan dengan headphone atau earphone agar tidak mengganggu teman lain
  3. Pelihara tumbuhan hias kecil atau pelihara hewan virtual yang harus Anda telateni setiap waktu dan dapat dilihat hasilnya
  4. Alihkan perhatian sesaat dengan main game pada aplikasi handphone atau membaca buku, tetapi jangan sampai terlena. Pasang timer pada handphone sebagai pengingat waktu.
  5. Lakukan meditasi untuk menumbuhkan keseimbangan, ketenangan, dan kedamaian
  6. Menulis lima hal yang Anda syukuri pada hari itu untuk menyeimbangkan pikiran dengan menghargai dan menikmati sisa hari.

Selamat mencoba!

Photo by Elice Moore on Unsplash