Surga yang Menawan di Laguna Weekuri, Sumba

2 menit baca

Indonesia Timur mempunyai banyak surga kecil yang layak Anda kunjungi. Salah satunya adalah Sumba dan berbagai pesonanya. Lihat fotonya di sini!

Laguna Weekuri atau Danau Weekuri adalah laguna pasir putih di desa Kalenarogo, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Laguna Weekuri adalah tempat magis geologi danau dengan air jernih yang berasal dari air laut masuk dan keluar melalui terowongan di dasar terumbu karang. Air di Laguna Weekuri terkenal dengan salinitas tinggi di batu raksasa yang berdiri tegak seperti dermaga di tanah Marapu. Danau Weekuri berbentuk oval dengan panjang 150 meter ke daratan dan lebar 50 meter, sedangkan kedalaman bagian kiri 3 meter dan bagian kanan 5 meter saat pasang laut. (SEPADA POST/EMELIA L)
Anda butuh waktu sekitar 2 jam dari Tambolaka menuju Danau Weekuri. Setelah perjalanan darat ini, lelah akan terbayar dengan pemandangan surga kecil di Sumba, Indonesia kita. Suasana di Danau Weekuri relatif tenang karena sepi dari pelancong, bila Anda datang di hari kerja. Suguhan pemandangan air Danau Weekuri tampak jernih berwarna biru kehijauan. Air laut membuat danau memiliki tingkat garam tinggi sehingga para pelancong yang berenang mampu mengapung hingga waktu yang lama. Tumbuhan belukar di terumbu karang yang mengelilingi tepi danau membuat suasana menjadi sejuk. (SEPADA POST/EMELIA L)
Daya tarik utamanya adalah kejernihan air seperti kaca. Air bening ini banyak membuat pelancong untuk berenang. Jika kamu mempunyai nyali seperti penduduk lokal, bisa mencoba melompat dari jembatan kayu ini. Tapi harus tetap berhati-hati dan tanya tips dari penduduk lokal supaya aman yah! Jika Anda tidak ingin berenang, Anda bisa jalan berkeliling danau untuk menikmati suasana alam dan berfoto-foto ria. (SEPADA POST/EMELIA L)