Siasati Aroma Tak Sedap dari Saluran Air

Siasati Aroma Tak Sedap dari Saluran Air

1 menit baca

Dapur beraroma segar adalah keinginan setiap orang.Namun setelah repot menyiapkan hidangan hari besar, bukan tak mungkin menguar aroma tak sedap. Seringkali berasal dari saluran air buangan bak cuci piring.

Tanpa disadari, setelah memasak menu khusus lengkap hari Raya, residu irisan daging, bumbu, bahkan santan masih menempel pada perangkat masak. Ketika dicuci, serpihan-serpihan itu mengalir melalui saluran pembuangan, tetapi bukan tak mungkin mengendap pada bagian pipa tertentu (cenderung pada bagian pipa yang berbentuk U). Endapan itu jika tak segera dibersihkan bisa menjadi sarang bakteri; membusuk dan memicu bau.

Sebelum memanggil jasa profesional, cobalah melakukan beberapa cara praktis ini:

Air panas
- Jerang air hingga mendidih
- Segera setelah air mendidih, tuangkan ke lobang saluran buangan perlahan-lahan hingga air habis
- Tunggu 5 menit
- Buka keran, dan alirkan air dingin untuk membersihkan dan mendorong sisa endapan

Cuka
- Tuangkan sedikit cuka ke lobang saluran buangan
- Biarkan selama 30 menit
- Tuangkan air panas ke lobang saluran buangan untuk membersihkan endapan di dalam saluran

Baking soda dan cuka
- Tuangkan setengah cangkir teh baking soda ke dalam lobang saluran buangan
- Tuangkan 1 cangkir cuka ke dalam lobang saluran buangan, tepat setelah itu. Tak perlu cemas melihat busa keluar dari lobang saluran pembuangan, karena memang demikian reaksi percampuran kedua unsur tersebut. Biarkan selama beberapa jam.
- Tuangkan air yang telah dipanaskan hinga mendidih ke lobang saluran pembuangan untuk membersihkan saluran.

Jika Anda berhasil mengatasi masalah dengan salah satu cara yang disarankan ini, pastikanlah untuk mencegah hal tersebut berulang kembali. Caranya adalah:

1. Pasang saringan di lobang saluran buangan bak cuci piring untuk mencegah berbagai sisa masakan dan makanan langsung masuk ke saluran

2. Hindari membuang lemak atau minyak ke dalam saluran buangan bak cuci piring. Bersihkan sisa-sisa lemak dan minyak pada perangkat masak dengan tisu dapur hingga bersih, sebelum mencucinya

3. Setiap kali Anda menjerang air hingga mendidih, tuangkan sedikit air ke saluran pembuangan untuk membunuh bakteria yang memicu bau di saluran itu

4. Tuangkan baking soda sekali seminggu ke dalam saluran bak cuci piring, atau jika Anda akan pergi dan tidak menggunakan bak cuci piring sementara waktu.

Namun jika tidak satupun usaha Anda berhasil, dan saluran buangan bak cuci tetap beraroma tak sedap, sangat disarankan untuk menggunakan jasa profesional untuk menangani masalah ini.

Photo by Tina Witherspoon on Unsplash