Rambut Tetap Sehat Setelah Diwarnai

Rambut Tetap Sehat Setelah Diwarnai

1 menit baca

Rambut yang diwarnai perlu perawatan ekstra. Selain mempertahankan warna tak cepat pudar, kesehatan rambut perlu diutamakan.

Rambut kering, getas mudah putus, dan ujung rambut terbelah adalah hal-hal yang sering dialami setelah proses pewarnaan dilakukan berulang. Tapi masalah itu bukan tak terhindarkan. Ada cara memastikan rambut tetap sehat, warna bertahan lama cemerlang, asalkan Anda telaten melakukannya.

  1. Jangan terlalu sering keramas. Selain warna rambut cepat pudar, keramas cenderung menurunkan kelembapan rambut. Jadi disarankan agar keramas hanya dilakukan 2-3 kali seminggu setelah rambut diwarnai. Jika rambut terlalu berminyak maka dry shampoo dapat mengatasi masalah ini.
  2. Keramas dengan air dingin. Zat pewarna rambut akan mudah larut jika Anda keramas dengan air panas. Di satu sisi, suhu air panas akan membuat rambut menjadi kering, sehingga terlihat kusam.
  3. Gunakan kondisioner. Jika Anda merasa perlu keramas setiap hari, hindari sampo. Sampo yang sangat lembut sekalipun, akan meluruhkan zat pewarna dari rambut. Jadi saat keramas, setelah membasahi rambut, membersihkan kulit kepala, langsung gunakan kondisioner, diamkan 2-3 menit, kemudian bilas hingga bersih.
  4. Sampo yang tepat. Pilih sampo dengan kandungan sulfat yang rendah, karena jenis sampo ini tidak akan mengikis warna dari batang rambut. Jenis sampo ini ditandai dengan keterangan "perlindungan rambut berwarna"
  5. Lembapkan rambut. Rambut yang diwarnai cenderung kering akibat paparan zat kimia. Jadi jaga rambut tetap lembap demi mencegah kerusakan. Gunakan masker rambut dua kali seminggu, setidaknya  selama 5-10 menit.
  6. Angin-anginkan. Minimalkan penggunan hairdryer, karena udara panas cenderung menghilangkan kelembapan dari batang rambut. Jika Anda perlu menggunakan pengering, pengeriting atau pelurus rambut, gunakan minyak rambut lebih dulu untuk melindungi rambut dari kekeringan.
  7. Perlindungan ekstra. Ingat kisah tentang klorin yang bisa mengubah warna rambut menjadi kehijauan? Tak hanya itu, klorin pun akan cepat memudarkan warna rambut. Jadi sebelum Anda berenang, lindungi lebih dulu rambut dengan kondisioner dan jika rambut Anda panjang buat sanggul kecil sebagai perintang yang melindungi rambut dari kerusakan akibat unsur kimia itu.
  8. Asupan bernutrisi. Nutrisi adalah salah satu faktor penting untuk kesehatan rambut. Asupan yang mengandung Omega 3 seperti; Ikan Salom dan makarel akan menutrisi rambut, membuat rambut bersinar dan kuat. Demikian halnya kacang-kacangan yang kaya akan vitamin E dapat mencegah rambut kering dan bercabang yang umum terjadi setelah proses pewarnaan.

Sumber: popsugar.com

Photo by Tore F on Unsplash