Perhatikan! Olahraga Dapat Mencegah Tertular Flu!

Perhatikan! Olahraga Dapat Mencegah Tertular Flu!

1 menit baca

Walau susah memulai berolahraga, namun nyatanya ada banyak manfaat yang didapat. Tapi tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Cek alasannya di sini!

Flu hanya bisa dicegah dengan daya tahan tubuh yang kuat. Olahraga adalah salah satu faktor yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sekalipun bukan satu-satunya.

Cara untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, menghindari begadang; alias tidur larut malam, istirahat cukup, dan menghindari stres.

Saat seseorang berolahraga, limpofid, sel darah putih yang bertugas memerangi infeksi, akan bergerak lebih cepat di dalam tubuh dan menghadang kuman serta virus secara lebih efisien, termasuk yang menyebabkan flu. Para ahli merekomendasikan setidaknya berolahraga selama 30 menit dengan frekuensi 3-4 kali dalam seminggu. Anda bisa memilih berjalan kaki, berenang, bersepeda, atau berlari.

Masih ada dua manfaat tambahan dari berolahraga secara teratur, yaitu:

o   Mengurangi stres yang bisa merusak kesehatan mental dan fisik. Olahraga teratur akan membantu mengurangi hormon stres, yaitu cortisol dan adrenalin yang bisa merusak daya tahan tubuh.

o   Memperbaiki tidur. Tubuh akan lebih relaks dan Anda bisa membiasakan diri untuk tidur selama 7-8 jam sehari.

Perlu diingat bahwa olahraga juga tidak baik dilakukan secara berlebihan. Studi menunjukkan olahraga yang berlebihan dapat menimbulkan efek negatif pada daya tahan tubuh; mengurangi jumlah sel darah putih dan meningkatkan hormon stres.

Bila sudah terlanjur menderita gejala flu ringan, benarkah mitos yang mengatakan bahwa dengan berolahraga akan membuat seseorang sembuh?

Bila sudah terlanjur terserang flu atau pilek, sebaiknya istirahatkan tubuh Anda dan jangan paksa untuk berolahraga. Apalagi alami demam. Olahraga akan memberikan beban berlebih kepada tubuh yang berakibat pada dehidrasi dan memperlambat proses penyembuhan flu. Tunggu sampai Anda sembuh dulu sebelum kembali berolahraga rutin.

Photo by Chander R on Unsplash