Perangkat Kerja Bersih Sempurna

Perangkat Kerja Bersih Sempurna

2 menit baca

Sudah berapa lama bekerja dari rumah? Selama ini sempatkah membersihkan perangkat kerja Anda? Jika belum, sekarang saatnya!

Mempertimbangkan frekuensi kita menggunakan laptop, komputer atau tablet, tidak heran jika benda-benda tersebut relatif "kotor". Ada banyak remah, kotoran, dan debu. Bahkan bukan tidak mungkin kita mengemil saat bekerja - kecuali menyempatkan diri mencuci tangan sebelum kembali membalas email atau meneruskan pekerjaan dengan komputer - kemungkinan kita memindahkan remah makanan ke keyboard, mouse, atau layar sentuh sangat mungkin terjadi.

Hal ini bisa sebabkan penumpukan bakteri, yang berarti tinggal tunggu waktu kita memindahkan semua jenis kuman dan kotoran itu ke tubuh kita. Cukup penting kan sekarang alasan untuk membersihkan perangkat kerja secara rutin? Yuk cermati dan bersihkan segera!

Layar Komputer
1. Matikan komputer agar monitor juga mati. Akan lebih mudah melihat debu yang menempel jika layar dalam keadaan gelap.
2. Bersihkan layar dengan kain mikrofiber, dengan gerakan memutar, tanpa menekan agar layar komputer tidak rusak.
3. Jika layar terlihat belum bersih, gunakan cairan khusus pembersih layar untuk membersihkan kotoran yang membandel. Namun lebih dulu pastikan bahwa hal ini boleh dilakukan pada layar komputer Anda.

Keyboard
1. Cabut kabel yang menghubungkan keyboard dan CPU, atau matikan koneksi bluetooth jika sistem operasi ini yang menyambungkan keyboard ke perangkat komputer.
2. Balik keyboard, agar debu dan kotoran yang terperangkap di antara tombol keluar. Hindari mengguncang-guncang keyboard.
3. Lipat jadi dua selembar memo post-it dengan sisi berperekat di bagian luar. Usapkan sisi yang berperekat ke lajur antara tombol keyboard. Jika terlihat banyak debu menempel, ulangi lagi langkah yang sama. Hingga benar-benar bersih.
4. Bersihkan tombol keyboard, lakukan dengan tisu basah antibakteri.

Mouse
1. Cabut kabel mouse atau lepaskan baterainya, atau cukup matikan jika tidak ada baterai yang dapat dilepas.
2. Gunakan tisu antibakteri untuk membersihkan seluruh mouse. Pastikan tisu tidak terlalu lembap untuk menghindari masuknya uap air ke dalam lubang kecil.
3. Jika mouse memiliki trackball, gerakkan untuk menghilangkan kotoran. Jika ada kotoran yang sulit dikeluarkan, lepaskan trackball dengan memutar cakram penahannya dan bersihkan rongga tempat trackball dengan kain kering yang tidak berserat/berbulu.

Laptop
1. Matikan dan mencabut kabel daya listrik laptop.
2. Gunakan kain atau lap yang Anda gunakan untuk membersihkan monitor untuk menyeka lembut seluruh permukaan laptop.
3. Gunakan semprotan udara dalam kaleng untuk membersihkan debu di sela-sela bagian laptop. Arahkan ke keyboard, tepatnya di sela-sela tombol huruf untuk mendorong keluar debu yang terselip di sana.
4. Bersihkan bagian luar laptop dengan tisu basah antibakteri - dan biarkan hingga kering dengan cara diangin-anginkan agar tidak ada kelembapan yang tersisa. Jangan membersihkan celah laptop dengan cara ini.

Pastikan Anda membersihkan peralatan kerja ini seminggu sekali agar tetap bersih dan nyaman digunakan!

Photo by Domenico Loia on Unsplash