Panduan Membeli Sepatu Jalan: Kenyamanan

Panduan Membeli Sepatu Jalan: Kenyamanan

2 menit baca

Sepatu yang nyaman adalah syarat penting bagi pejalan kaki. Jika tidak, maka Anda tak bisa melangkah sejauh yang diinginkan.

Jalan adalah olahraga yang tidak membutuhkan banyak perlengkapan. Tapi penggiat olahraga jalan membutuhkan sepasang sepatu yang tepat. Sepatu yang salah cederung menyebabkan kaki cedera, dan pada akhirnya membuat Anda berhenti berjalan. Pahami cara yang tepat untuk memilih sepatu jalan Anda.

Cermati kondisi kaki
Sadarkah Anda bahwa kaki kita sebenarnya berubah seiring pertambahan usia? Tendon, otot, ikatan otot cenderung mengembang, sehingga kaki kita melebar. Bahkan kaki bisa bertambah panjang karena digunakan terus bergerak, dan bantalan lemak di telapak kaki menipis.
 Setiap kali akan membeli sepatu, hindari menggunakan ukuran yang lama. Coba sepatu saat berada di toko, dan perhatikan bagian dasar sepatu pastikan bantalannya cukup tebal untuk meredam tekanan tubuh saat dikenakan. Ukur kedua kaki Anda; jika salah satu ternyata lebih besar ukurannya, gunakan ukuran yang besar itu sebagai patokan.
 Pilihlah sepatu yang sesuai dengan lekukan di telapak kaki Anda. Jika lekukan telapak kaki tidak terlalu nyata, maka Anda membutuhkan sepatu dengan bagian yang cukup baik mendukung telapak kaki. Hal ini penting dipastikan agar otot di bagian telapak kaki tidak mudah menegang.

Dapatkan jenis sepatu yang tepat
Sepatu olahraga dibuat khusus untuk keperluan yang spesifik. Kekhasan sepatu untuk jalan dibuat untuk gerak kaki dari belakang ke depan; telapak kaki diletakkan dengan bagian tumit yang lebih dulu menyentuh dasar, kemudian bobot tubuh dipindahkan ke penampang telapak kaki hingga ke ujung-ujung jemari, sebelum kemudian kaki terangkat.

Jika tidak menemukan sepatu khusus jalan, maka Anda bisa membeli sepatu lari, karena jenis sepatu ini dibuat dengan batalan yang cukup tebal. Hindari membeli sepatu tenis, basket atau olahraga lain, karena perlindungannya tidak cukup baik. Jenis sepatu tersebut dibuat untuk menahan berat badan satu sisi kaki ke sisi kaki yang lain, gerakan yang berhenti tiba-tiba dan berputar.

Ukuran sepatu pas!
 Hindari berpatokan pada nomor sepatu yang tertera. Kenakan sepatu dan rasakan bagaimana kaki Anda berada di dalamnya. Gerakkan jemari kaki, pastikan tersedia cukup ruang agar kaki Anda nyaman; tetapi tidak terlalu longgar demi mencegah kaki bergeser di dalam sepatu. Uji kenyamanan sepatu dengan berjalan mengenakannya di sekeliling toko. Sedikit saja terasa tidak nyaman, sebaiknya jangan ditoleransi.
 Pilihlah sepatu yang bentuknya mirip bentuk kaki Anda. Pastikan bagian kaki Anda yang paling lebar tidak terhimpit di dalam sepatu.
 Saat tepat membeli sepatu adalah sore hari, setelah beraktivitas seharian, ketika kaki Anda dalam kondisi menerima tekanan tubuh sepanjang hari dan cenderung melebar. Sehingga Anda akan mendapatkan ukuran kaki yang sesuai dengan kondisi ketika Anda mengenakan sepatu untuk berjalan.
 Bawa kaos kaki yang akan Anda gunakan saat mengenakan sepatu, agar dapat dicoba dan Anda dapat merasakan kenyamanan saat mengenakannya bersama sepatu yang akan Anda pilih.

Hal terpenting adalah hindari membeli sepatu jalan yang terasa sempit, karena sepatu yang digunakan saat jalan tidak akan cukup kuat menahan tekanan kaki yang "mengembang" saat digunakan berjalan. Sepatu yang sempit justru akan menyakiti kaki Anda, dan sepatu akan cepat rusak alih-alih melar.  Happy shopping!

Sumber: aarp.org

Photo by Emma Van Sant on Unsplash