Mudah Lelah Saat Menstruasi

Mudah Lelah Saat Menstruasi

1 menit baca

Kelelahan bisa jadi salah satu gangguan yang dialami perempuan di saat menstruasi. Pemicunya tidak selalu anemia, melainkan juga karena level energi tubuh yang sedang rendah. Pahami cara menyiasatinya dengan tepat.

PMS yang dialami setiap perempuan berbeda. Sebagian mengalami nyeri perut dan kram, sebagian kembung, migrain dan ada yang mengalami kelelahan akut. Jika kelelahan yang dikeluhkan, maka masa menstruasi cenderung menjadi periode tidak produktif. Sebagian perempuan sudah merasakannya sejak pagi hari; mereka bahkan tidak bisa beranjak dari tempat tidur. Padahal baru saja bangun. Sebagian lagi ada yang merasa lelah setelah tengah hari. Pada dasarnya hal ini dialami karena level energi yang rendah, akibat fluktuasi kadar hormon.

Kabar baik, kondisi ini dapat diatasi dengan pengaturan pola makan dan rutinitas sehari-hari selama mentruasi. Berikut caranya:

  • Setiap pagi, konsumsi multivitamin sebagai cara menjaga asupan nutrisi tubuh. Berdasarkan salah satu artikel di United States National Library of Medicine, pemicu utama kelelahan yang dialami perempuan di masa menstruasi adalah akibat kekurangan vitamin dan mineral selama masa menstruasi.
  • Menjelang menstruasi, tingkatkan konsumsi protein (tanpa lemak), biji-bijian, ikan dan daging yang dipanggang. Padukan dengan nasi merah atau roti gandum. Tambah porsi sayuran dan buah dalam menu harian, lebih banyak dibandingkan biasanya. Hal lain yang perlu dipastikan adalah tetap mengonsumsi karbohidrat untuk mempertahankan level energi tetap baik.
  • Selama menstruasi, ada baiknya makan 4 hingga 5 kali sehari dalam porsi kecil, daripada makan 3 kali sehari dengan porsi wajar. Pengaturan pola makan seperti ini ampuh mencegah kemungkinan penurunan level energi yang membuat seseorang kelelahan, di antara waktu makan utama.
  • Batasi minuman berkarbonasi, juga jus instan dan kopi hingga waktu makan siang. Setelahnya hanya minum air jika haus. Jangan biarkan tubuh mengalami dehidrasi, karena kondisi ini memicu turunnya level energi dan menyebabkan kelelahan. Hindari minuman beralkohol selama menstruasi karena akan menyebabkan sulit tidur, sehingga kelelahan saat bangun pagi berikutnya.
  • Lakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki setidaknya selama 30 menit sehari. Cara ini meningkatkan denyut jantung dan memicu pengeluaran keringat, serta meningkatkan level energi. Setelah berolahraga, seseorang cenderung tidur malam lebih cepat, lebih berkualitas dan lebih segar keesokan harinya.

Yuk, kita siap-siap sambut hari baru lebih berenergi, girls!

Photo by Goffkein on Freepik