Mengapa Anak Kecil Lebih Sering Pilek dan Flu?

Mengapa Anak Kecil Lebih Sering Pilek dan Flu?

1 menit baca

Apakah yang menyebabkan anak mudah tersedang pilek dan flu dan bagaimana mencegahnya? Baca yuk artikel ini.

Anak-anak bisa terserang pilek dan flu sekitar 6-12 kali dalam setahun. Penyebab utamanya adalah karena kekebalan tubuh mereka belum terbentuk sempurna. Anak-anak biasanya bergaul berkelompok misalnya di sekolah, bermain bersama teman-teman di lingkungan rumah, atau di tempat penitipan anak. Mereka juga sering kali bermain dengan jarak sangat dekat dan bersentuhan fisik; menggunakan mainan yang sama atau berbagi handphone untuk main game. Kontak satu sama lain dan penggunaan beberapa benda bersamaan ini mempermudah virus pilek atau flu menular dari satu anak ke anak lain.

Untuk mencegahnya, ajari anak Anda hal berikut:

o  Membiasakan diri mencuci tangan dengan benar, yaitu menggunakan sabun,  menggosokkannya 20 detik lalu membilas tangan dengan air mengalir

o  Mengingatkan anak untuk tidak menyentuh mata, mulut, atau hidung dengan tangan tanpa dicuci. Jika mereka melakukannya, virus yang mungkin ada di tangan mereka akan sangat mudah masuk ke dalam tubuh melalui organ-organ tersebut.

o  Jika anak Anda terserang pilek atau flu, ajari ia untuk menutup hidungnya dengan tisu saat bersin agar tidak menularkan virus kepada teman-temannya.

Photo by Alicia Petresc on Unsplash