Luwes dan Sopan di Meja Makan

Luwes dan Sopan di Meja Makan

1 menit baca

Lebih dari sekadar mampu menggunakan alat yang tepat, etika saat makan memberi gambaran kepribadian Anda.

Hindari anggapan bahwa etika makan hanya perlu diterapkan dalam jamuan makan resmi. Keliru. Tata cara makan penting diterapkan di mana saja, bahkan dalam situasi yang paling santai sekalipun. Etika makan yang ditunjukkan seseorang akan memberi gambaran kepribadiannya. Agar tak memberi kesan keliru, ada baiknya kita selalu ingat untuk menerapkan aturan-aturan sederhana ini:

*1. Mengunyahlah dengan mulut tertutup.

*2. Pastikan Anda telah selesai mengunyah dan menelan makanan sebelum minum.

*3. Pegang alat makan dengan benar. Jangan gunakan sendok seperti sekop atau menusuk makan langsung dengan garpu.

*4. Cobalah duduk tegak, sehingga terlihat antusias, dan jauhkan siku agar tidak menempel ke meja selama makan. Namun setelah selesai makan dan sedang mengobrol Anda boleh melakukannya.

*5. Mintalah bantuan orang lain untuk mengambilkan makanan yang jauh dari jangkauan Anda. Hindari menjangkau makanan sendiri.

*6. Edarkan makanan ke arah kanan, kecuali jika seseorang yang duduk tepat di sebelah kiri meminta, maka Anda bisa memberikan makanan langsung padanya. Ini adalah salah satu aturan yang sangat tua, dan terbukti meminimalkan kekacauan ketika mulai makan.

*7. Selaraskan irama makan Anda dengan orang di sekitar, agar tidak tergesa-gesa atau justru terlalu lambat.

*8. Ingatlah untuk menggunakan serbet.

*9. Jangan meletakkan HP di meja, dan aktifkan mode getar. Bersabarlah hingga acara makan selesai jika Anda ingin memeriksa pesan atau panggilan telepon. Jika terpaksa harus menelepon, menjauhlah dari area makan

*10. Jika Anda perlu memperbaiki penampilan, menjauhlah dari meja atau area makan. Pasang lipstik, cuci tangan atau mulut, kemudian kembali. Hindari melakukan semua hal itu di meja atau area makan.

Sederhana bukan?! Jadikan hal-hal ini sebagai kebiasaan, maka Anda akan terlihat sebagai pribadi yang berkelas.

Food photo created by tirachardz - www.freepik.com