Jaga Imunitas dengan Asupan Zinc Alami

Jaga Imunitas dengan Asupan Zinc Alami

1 menit baca

Zinc adalah unsur nutrisi yang diketahui berperan penting menjaga kerja sistem kekebalan tubuh dan proses pemulihan kesehatan.

Zinc adalah unsur nutrisi yang dikategorikan sebagai micronutrient. Sekalipun kebutuhan zinc tidak sebanyak protein, lemak, dan karbohidrat bukan berarti zinc tidak penting. Berbagai penelitian telah memastikan bahwa zinc sangat penting dalam menjamin fungsi sistem kekebalan tubuh, membantu pemulihan luka, proses penyembuhan dari sakit, dan pertolongan utama pengembangan DNA.

Sebuah penelitian yang dilakukan para para pasien influenza menemukan bahwa responden yang mengonsumsi jenis pelega tenggorokan yang mengandung zinc dapat pulih 40% lebih cepat dibandingan responden yang tidak mengonsumsi pelega tenggorokan jenis itu. Jika saja sebelumnya kebutuhan zinc terpenuhi, kita bahkan tak perlu menderita influenza, bukan?

Lalu, berapa banyak zinc yang dibutuhkan orang dewasa agar sistem kekebalan tubuh berfungsi optimal? Berdasarkan rekomendasi WHO, lembaga kesehatan dunia di bawah PBB, orang dewasa disarakan mengonsumsi sebanyak 15-22mg zinc setiap hari. Jumlah ini sangat mudah dipenuhi jika kita mengonsumsi jenis makanan yang mengandung zinc tinggi.

  • Dark Chocolate. Dalam 28.3gram dark chocolate (yang mengandunng 70-85% cocoa) terdapat lebih dari 8% kebutuhan zinc harian. Semakin tinggi kandungan cocoa, akan semakin gelap warna cokelat, berarti semakin tinggi kandungan zinc-nya.
  • Biji labu kuning. Kecil namun sakti! Biji labu kuning adalah sumber zinc yang baik, mengandung sekitar 8mg zinc setiap penyajian 85gr. Biji labu kuning adalah sumber serat dan protein nabati yang sangat mudah dikonsumsi tanpa perlu diolah. Dapat dijadikan sebagai campuran oatmeal, atau sereal saat sarapan; sekadar taburan di atas salad atau sup, karena biji labu kuning renyah dan memiliki tekstur garing.
  • Keju. 85g keju Cheddar dapat memenuhi 28% kebutuhan harian zinc orang dewasa. Selain itu, zinc di dalam keju mudah diserap oleh tubuh. Keju dapat dimakan sebagai cemilan atau ditambahkan pada salad dan sandwich. Selain zinc keju mengandung kalsium dan protein.
  • Telur. Tidak pernah sulit mengonsumsi telur, bisa direbus, dibuat orak-arik, goreng matasapi, atau didadar - ada banyak cara untuk mengolah telur menjadi masakan yang lezat; sehat karena mengandung zinc dan protein yang relatif tinggi. Satu telur berukuran besar diketahui bisa memenuhi 5% kebutuhan zinc harian, orang dewasa.

Tak sulit ternyata meningkatkan sistem imunitas tubuh, bahkan tak perlu suplemen!

Photo by Emiliana Hall on Unsplash