Hal-hal yang Aman Dilakukan Setelah Vaksinasi COVID-19

Hal-hal yang Aman Dilakukan Setelah Vaksinasi COVID-19

1 menit baca

Vaksin COVID-19 bisa membuat Anda merasa aman dan seakan mendapat paspor untuk beraktivitas lebih leluasa. Sebelum melonggarkan aturan diri, pastikan Anda membaca pedoman yang disarankan lembaga kesehatan terpercaya.

Seiring program vaksinasi yang sedang berjalan, jumlah penerima vaksin COVID-19 semakin banyak. Sekalipun demikian lembaga kesehatan dunia menyarankan agar setiap orang yang telah divaksinasi tetap menerapkan protol kesehatan; menjaga jarak, mengenakan masker dan mencuci tangan.

Tetapi, ada "berita segar" bagi orang yang telah menerima dosis lengkap vaksin (rata-rata vaksin membutuhkan 2 kali penyuntikan untuk bekerja optimal membentuk kekebalan). Setidaknya dua minggu setelah mendapatkan vaksinasi yang lengkap, ada beberapa aktivitas yang aman dilakukan hingga kekebalan kawanan (herd immunity) tercapai - diharapkan- di akhir tahun 2021 ini.

  1. Bertemu dengan orang yang telah lengkap diimunisasi. Lakukan di dalam ruangan, dapat dilakukan tanpa masker.
  2. Bertemu dengan orang yang belum divaksinasi dari satu rumah. Jika orang yang tidak divaksinasi berisiko rendah terkena penyakit serius — Anda tidak perlu memakai masker.  Jadi hal ini memungkinkan kakek-nenek yang telah mendapat vaksin lengkap untuk mencium dan memeluk cucu mereka.
  3. Tetap mengenakan masker di tempat umum, atau ketika bertemu dengan banyak orang yang tidak diketahui status vaksinasinya. Menjaga jarak dan menghindari keramaian tetap perlu dilakukan!
  4. Memastikan kembali janji bertemu dokter yang tertunda. Jika ada pemeriksaan kesehatan yang tertunda karena pandemi, seperti; pemeriksaan gigi, mamografi tahunan dan sejenisnya, setelah mendapatkan vaksin lengkap sebaiknya segera dilakukan.

Pada akhirnya vaksinasi lengkap COVID-19, akan menjadi "tiket" Anda untuk melakukan banyak hal. Semua jenis aktivitas kelak akan menjadikan kartu vaksinasi sebagai syarat, termasuk bepergian ke luar negeri,  misalnya. Jadi, lengkapi vaksin Anda, dan jika belum sama sekali segera pastikan Anda mendapatkannya!

Sumber: cdc.gov

Photo by Marisol Benitez on Unsplash