Berapa Banyak Air yang Harus Diminum Dalam Sehari?

Berapa Banyak Air yang Harus Diminum Dalam Sehari?

1 menit baca

Jangan percaya pada nasehat lama untuk minum sebanyak 8 gelas sehari. Mungkin, Anda membutuhkan lebih!

Bisa jadi hingga beberapa saat lalu, Anda masih berpatokan untuk mengonsumsi 8 gelas sehari agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Tetapi tidak demikian kondisinya. Setiap manusia adalah unik, jadi kebutuhan cairannya pun tidak bisa dipukul rata. Penasaran tentang kebutuhan cairan Anda? Siapkan kertas dan alat tulis atau kalkulator, dan hitung sendiri. Kami menyediakan rumusannya.

  • - Pastikan berat badan. Langkah pertama menghitung kebutuhkan cairan adalah dengan mengetahui berat badan Anda. Semakin berat tubuh seseorang, semakin banyak air yang harus diminumnya.
  • - Kalikan dengan 0,033. Hasilnya adalah dalam satuan Liter.
  • - Perhitungkan aktivitas Anda. Kemudian jika Anda melakukan aktivitas fisik; olahraga misalnya, maka Anda perlu minum sebanyak 350ml setiap 30 menit. Jika Anda beraktivitas lebih dari 30 menit, misalnya 47 menit, maka hitunglah kebutuhan cairan dengan pembulatan ke atas.

Contoh perhitungan adalah seorang dengan berat badan 65kg, berolahraga selama 47 menit pada hari ini.

  • - Kebutuhan cairan harian adalah 65 x 0,003 = 2,145 L
  • - Tambahan cairan untuk 47 menit beraktivitas adalah 2,145 L + 350ml (30 menit) + 200ml (17 menit = 198,3ml) > total kebutuhan cairan orang tersebut adalah 2,695 L.

Cermati baik-baik rumusan itu, sama sekali tidak ribet. Lagipula penting bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan agar tetap sehat dan fungsi tubuh berlangsung optimal.

Sumber: healthline.com

Photo by Manki Kim on Unsplash