Ajarkan Anak 4 Hal Ini untuk Mencegah Virus Corona di Sekolah

Ajarkan Anak 4 Hal Ini untuk Mencegah Virus Corona di Sekolah

1 menit baca

Orang tua tidak bisa memantau anak selama 24 jam untuk terhindar dari virus. Ajari anak untuk menjaga dirinya sejak dini dengan tips berikut.

Di tengah mewabahnya corona CoViD-19, sebagian besar sekolah diliburkan. Langkah ini dilakukan demi mencegah meluasnya penularan. Dalam tenggang waktu 2 minggu, si kecil akan kembali bersekolah. Orang tua tidak bisa memantau anak selama 24 jam untuk terhindar dari virus, baik batuk, flu, termasuk corona CoViD-19, terutama jika anak sedang beraktivitas di sekolah. Jangan khawatir, ajari anak untuk menjaga dirinya sehingga ia mandiri dan terasah rasa tanggung jawabnya.

Berikut ini hal-hal yang bisa diajarkan pada anak.

1.    Menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk dengan siku tangan atau tisu

Jelaskan bahwa hal ini dapat mencegah virus menyebar dan menginfeksi anak lain. Ajari anak membuang tisu yang digunakan ke tempat sampah.

2.    Rajin mencuci tangan

Terutama sebelum makan, usai bermain, ke kamar mandi dan memegang benda-benda yang digunakan bersama, dan saat tiba di rumah sepulang sekolah. Ajari anak mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan cairan pembersih khusus yang mengandung alkohol.

3.     Larang anak untuk memegang mata, hidung, mulut

Sebelum pasti bahwa tangan anak bersih, ingatkan ia untuk tidak memegang wajahnya. Tangan yang belum dicuci bisa saja tekontaminasi virus. Lalu virus akan sangat mudah masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut karena organ tersebut terdiri dari selaput mukosa (selaput lendir).

4.     Bawa bekal makanan dari rumah

Menjaga asupan makanan anak penting untuk daya tahan tubuh mereka. Selain itu, lebih baik membawa bekal makanan dari rumah karena terjamin kebersihan dan gizinya. Hindari makanan mentah atau setengah matang demi mengurangi paparan bakteri atau virus.

Photo by Jerry Wang on Unsplash