Air Fryer, Alat Masak yang Ngehits

Air Fryer, Alat Masak yang Ngehits

1 menit baca

Alat masak supermodern ini menjadi popular dalam sekejap. Diiklankan dapat menghasilkan produk gorengan yang lebih sehat, benarkah?

Kenikmatan makanan yang digoreng memang berbeda, kerenyahannya menimbulkan dorongan untuk tak berhenti mengunyah. Namun risiko kesehatan di balik makanan yang digoreng telah jadi pengetahuan umum. Berbagai metode dicari demi menurunkan risiko kesehatan tersebut. Salah satu yang terkini adalah Air Fryer; alat menggoreng yang hanya butuh 1 sendok makan minyak. WOW! Tapi, apakah air fryer aman?

Alat masak ini bekerja dengan daya listrik. Proses menggoreng dilakukan dengan meningkatkan suhu dan mengedarkan udara panas di sekitar makanan yang sedang diolah, sehingga makanan matang, dengan bagian luar yang renyah.

o Makanan yang diproses dengan air fryer dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng dengan cara konvensional karena mengandung lebih sedikit lemak dan kalori namun bercita rasa dan berpenampilan serupa.
o Kandungan lemak dalam makanan olahan air fryer yang rendah akan menekan asupan kalori, sehingga tidak membuat kita menyesal menyantapnya ketika sedang diet. Tentu saja, dengan memerhatikan frekuensi dan volume makanan yang dimakan.
o Menggoreng dengan air fryer  diketahui menekan pembentukan akrilamida hingga 90%. Akrilamida adalah sejenis senyawa yang bersifat karsinogenik (memicu kanker) pada tubuh manusia.

Sekalipun menggoreng dengan air fryer adalah metode alternatif yang lebih baik, namun menggoreng bukanlah metode pengolahan makanan yang sehat dibandingkan mengukus atau merebus. Jadi, membatasi makanan yang digoreng adalah saran yang baik demi kesehatan.

Sumber: healthline.com

Picture take from mashable.com