Agar Tidur Lelap Saat Menstruasi

Agar Tidur Lelap Saat Menstruasi

1 menit baca

Tidak banyak perempuan menyadari bahwa kesulitan tidur malam cenderung dialami menjelang menstruasi. Hal ini dipicu kenaikan suhu tubuh, dan gangguan pencernaan akibat hormon yang berfluktuasi.

Beberapa hari menjelang atau selama menstruasi, sebagian perempuan mengalami sulit tidur. Kondisi ini bisa menyebabkan produktivitas terganggu keesokan hari, karena; mengantuk, sulit berkonsentrasi, pelupa, atau mudah tersinggung. Benarkah hal ini berhubungan dengan menstruasi? Ini faktanya:

1. Suhu tubuh meningkat
Tepat setelah masa subur, suhu tubuh akan meningkat 0.5 derajat. Peningkatan suhu tubuh ini menyebabkan perempuan menjadi sulit tidur di malam hari. Sayangnya kondisi ini tidak selalu disadari, padahal dapat disiasati dengan mudah. Lakukan langkah ini 1 minggu sebelum jadwal menstruasi

  • Dinginkan ruang tidur 30 menit sebelum tidur
  • Mandi air hangat, sehingga suhu ruang menjadi lebih rendah dibandingkan suhu tubuh

Perbedaan antara suhu tubuh dan ruang menyebabkan tubuh relaks sehingga mudah tertidur.

2. Gangguan pencernaan
Perubahan kadar hormon reproduksi cenderung memengaruhi fungsi sistem dan organ pencernaan. Hal ini menyebabkan ada kalanya seorang perempuan mengalami gangguan pencernaan, seperti; sulit buang air besar, mual, atau justru diare. Kondisi ini bisa terjadi sepanjang hari, siang dan malam. Tentu saja, dapat mengganggu tidur. Jika hal ini terjadi, segera lakukan:

  • Hindari makanan berat 1 jam sebelum waktu tidur, terlebih selama menstruasi.
  • Sistem pencernaan akan mengolah makanan seperti buah-buahan dan kacang-kacangan lebih baik, sehingga tidak bekerja terlalu berat.
  • Minum banyak air

Ketika sistem pencernaan tidak terlalu berat bekerja, maka tubuh akan menjadi lebih relaks, dan lebih siap untuk tidur.

Pastikan kita peka mengatasi gangguan tidur saat menstruasi, sehingga kualitas istirahat kita tetap baik, dan dapat beraktivitas optimal keesokan hari.

Photo by Quin Stevenson on Unsplash