Agar Pap Smear Akurat

Agar Pap Smear Akurat

1 menit baca

Pap smear sangat disarankan bagi perempuan yang telah aktif secara seksual. Pemeriksaan berkala ini memberi catatan periodik tentang kesehatan serviks.

Sekalipun bukan lagi satu-satunya tes untuk memastikan kondisi kesehatan serviks, tetapi pap smear adalah tes yang selalu disarankan oleh ahli kesehatan reproduksi. Alasan utamanya adalah pap smear harus dilakukan setahun sekali, sehingga catatan kesehatan reproduksi seorang perempuan selalu terpantau.

Mempersiapkan Pap Smear
Agar hasil pap smear yang Anda lakukan akurat, sangat disarankan agar Anda mempersiapkannya dan melakukannya di saat yang tepat. Menjelang pap smear, sangat disarankan agar Anda menghindari beberapa hal yang dapat mengganggu hasil test kelak, antara lain:

  1. Tidak menggunakan cairan pembersih genital apa pun, setidaknya 3 hari sebelum pap smear
  2. Tidak melakukan hubungan seksual sejak 2 hari sebelum pap smear
  3. Tidak menggunakan obat, salep atau gel di area genital sejak 2 hari sebelum pap smear
  4. Tidak mandi berendam air hangat, setidaknya 1 hari sebelum pap smear

Kapan saat tepat lakukan pap smear?
Periode di tengah siklus adalah saat terbaik melakukan pap smear; dua hari setelah hari terakhir menstruasi, dan seminggu sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Contoh perhitungan yang jelas adalah sebagai berikut:

  • Siklus menstruasi Anda: 28 hari
  • Hari pertama menstruasi: tanggal 1
  • Lama menstruasi: 8 hari

Maka pap smear ideal dilakukan sejak tanggal 10 (8 + 2) hingga tanggal 21 (28 - 7).

Sudah tahu cara menentukkan saat terbaik pap smear? Jika belum melakukannya tahun ini, segeralah telepon dokter obgyn Anda, dan buat janji untuk melakukannya.

Photo by: Drew Hays on Unsplash