Agar Bunga Segar Tahan Lama

Agar Bunga Segar Tahan Lama

2 menit baca

Memasukkan sekeping uang logam ke dalam vas bunga agar bunga bertahan segar, bukanlah cara yang tepat. Pelajari metode yang lebih logis agar keindahan bunga dapat Anda nikmati lebih lama.

Meletakkan bunga dalam ruang tak hanya menambah keindahan ruangan. Namun dalam sekejap akan mengubah suasana; lebih cerah, lebih harum bahkan jika Anda memilih bunga segar yang tepat. Tidak perlu cemas bunga akan cepat, karena jika ditangani secara tepat bunga bisa tetap segar berhari-hari. Ini caranya:

o Pesan untuk dilembapkan. Saat membeli bunga, baik ketika Anda membeli langsung atau sekadar memesan; ingatkan agar penjual tidak lupa melembapkan bunga-bunga Anda. Cara paling baik adalah dengan memberikan kapas basah di ujung batang bunga, sehingga bunga tetap mendapatkan cairan sepanjang perjalanan.
o Segera potong ujung batang. Segera setelah bunga-bunga sampai ke rumah, segera potong ujung batangnya. Gunakan gunting atau pisau yang tajam, dan potong setidaknya 4cm dari ujung batang. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada gelembung udara yang menghambat penyerapan cairan dan nutrisi ke bunga. Bahkan jika memungkinkan lakukan langkah ini di bawah aliran air agar mencegah terbentuknya gelembung udara baru di dalam batang.
o Masukkan ke dalam wadah berair segera. Lanjutkan segera dengan memasukkan bunga ke dalam wadah yang telah berisi air. Perhatikan suhu air yang Anda gunakan. Jika ingin bunga bertahan lebih lama, gunakan air bersuhu lebih rendah dari suhu ruangan. Sebaliknya jika bunga yang Anda beli masih kuncup dan ingin cepat membuatnya mekar, beri air panas agar segera mekar. Tapi ada konsekuensi, bunga yang diberi air panas akan layu lebih cepat.
o Hilangkan daun yang terendam air. Setelah diberi air terlihat ada daun yang terendam, jangan dibiarkan. Segera petik dan buang. Helaian kelopak bunga atau daun yang terendam air akan cepat membusuk dan menjadi sarang bakteri yang membuat bunga cepat layu dan rusak.
o Hindari dari paparan panas. Tempatkan bunga di bagian rumah yang sejuk, tidak terkena matahari langsung atau paparan panas benda-benda elektronik, agar bunga tidak cepat layu.
o Ganti air dan potong batang. Setelah 2 atau 3 hari, ganti air di dalam vas bunga, dan potong batang sekitar 1,5cm.
o Beri nutrisi. Bunga segar masih dapat bertahan jika diberi nutrisi. Anda dapat membuat formulanya sendiri. Unsur yang diperlukan adalah : 2 tetes cairan pemutih (diperlukan untuk melawan bakteri pembusuk); 3 tetes minuman bersoda atau 1 sendok teh gula putih halus (sebagai makanan bunga); 1 tablet vitamin C untuk mengatur pH air. Hancurkan tablet vitamin C, dan campur dengan semua cairan itu hingga menjadi larutan, dan tuangkan ke dalam vas yang telah berisi air sebelum memasukkan bunga.

Sekilas cukup banyak langkah yang perlu dilakukan. Namun Anda toh melakukannya sekali jalan, dan tak terasa repot karena hasilnya adalah rangkaian bunga yang menawan.

Photo by Roman Kraft on Unsplash