8 Tips Bekerja Hari Pertama di Kantor Kembali

8 Tips Bekerja Hari Pertama di Kantor Kembali

2 menit baca

Sebentar lagi mungkin Anda akan kembali bekerja ke kantor setelah sekian lama berada di rumah saja. Simak tips ini supaya Anda semakin siap!

Anda bisa gembira hingga melompat atau gugup karena khawatir akan beban pekerjaan yang lebih banyak akibat kondisi yang terjadi beberapa saat ini.

Anda sebaiknya relaks saja. Hari pertama kerja di kantor bisa menyenangkan dengan 8 tips yang akan membantu Anda.

1. Persiapkan kebutuhan Anda malam sebelumnya

Persiapkan segalanya dengan baik. Buatlah daftar berbagai benda yang harus Anda bawa di dalam tas seperti dompet, kartu identitas, handphone, laptop, charger, dan beberapa perlengkapan pribadi seperti masker, obat, vitamin, hand sanitizer, tisu basah, handuk kecil, dan lain-lain. Ada baiknya Anda tidur lebih awal dari waktu biasa supaya merasa lebih segar saat bangun esok pagi.

2. Bawa bekal makan siang

Untuk menghindari kebingungan menemukan tempat makan siang yang "aman" maka sebaiknya Anda mempersiapkan bekal makan siang. Ini bisa menyelamatkan waktu dan uang saku Anda dari memesan makanan online.

3. Temui atasan langsung

Jika Anda menemui atasan langsung, Anda akan lebih tenang. Gunakan kesempatan ini untuk bertanya tentang tantangan dan potensi adanya tugas baru yang akan Anda kerjakan. Selain itu, Anda dapat meminta masukan untuk menjalani kondisi baru ini, bertanya peraturan perusahaan yang berubah, dan lainnya. Anda juga harus secara tidak langsung menunjukkan bahwa Anda siap berkerja di kantor untuk mencapai sasaran unit kerja Anda.

4. Berbincang bersama teman-teman

Anda sudah lama tidak bertemu dengan teman-teman. Biasanya, obrolan santai bisa membuat tubuh lebih relaks dan membuat Anda melupakan rasa khawatir yang berlebihan. Jika perlu, Anda bisa mengajak teman-teman foto bersama dengan menggunakan masker dan menjaga jarak. Tujuannya untuk menceriakan suasana dan memberitahukan ke dunia bahwa tidak apa kembali bekerja ke kantor asalkan tetap bertanggung jawab.

5. Menata dan membersihkan kubikel atau ruangan Anda

Debu mungkin hinggap di bagian-bagian tertentu di tempat Anda bekerja. Supaya tidak menyita waktu, lap bagian-bagian penting terlebih dahulu, yaitu permukaan meja, dinding kubikel, telepon, kursi, dan tempat CPU komputer. Jika Anda ingin menata ulang untuk meningkatkan mood maka boleh-boleh saja.

6. Bekerja berdasarkan prioritas

Mungkin tubuh akan kaget dan merasa mudah lelah ketika beberapa hari pertama kembali ke kantor karena biasanya di rumah minim pergerakan tubuh. Supaya pekerjaan efektif maka buatlah daftar prioritas tugas yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu. Ini akan mempermudah ritme kerja Anda ke depannya.

7. Meninjau lingkungan kerja

Peninjauan ini dapat dilakukan antara lain dengan:

  • Berkunjung ke kantin
  • Mengidentifikasi tanda-tanda protokoler atau prosedur yang berbeda
  • Melihat area di luar gedung, memastikan fasilitas cuci tangan yang sangat dibutuhkan, misalnya.

Jika perlu, bertanyalah pada personalia untuk menjelaskan prosedur baru terkait kondisi “new normal” ini. Dengan demikian, Anda akan mendapat gambaran seperti apa suasana kerja yang akan Anda alami ke depannya.

8.    Pulang tepat waktu

Jika kantor Anda mempunyai kebijakan untuk pulang lebih cepat maka gunakanlah sebaiknya. Kerjakan tugas Anda dengan baik dan hindari lembur karena tubuh Anda masih kaget di hari-hari pertama. Jangan terlalu dipaksakan untuk bekerja lebih dari kemampuan Anda karena imun tubuh bisa melemah.

Photo by Joe Taylor on Unsplash