7 Cara Atasi Batuk Saat Pilek atau Flu

7 Cara Atasi Batuk Saat Pilek atau Flu

1 menit baca

Kenapa batuk datang bersamaan dengan pilek atau flu? Selain minum obat, apakah ada cara lain untuk mengatasi batuk? Baca artikel ini, yuk.

Batuk yang Anda alami saat pilek atau flu adalah gejala infeksi atau iritasi di saluran pernapasan. Kondisi ini disebabkan oleh virus yang telah mencapai saluran pernapasan sehingga seluruh kelenjar mukosa (kelenjar lendir) yang berada di sepanjang saluran pernapasan memproduksi lendir lebih banyak untuk menghambat aktivitas virus. Batuk adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang bekerja untuk mengeluarkan lendir berlebih tersebut.

Bagaimanakah mengatasi batuk ketika flu?

  1. Minum banyak air untuk membantu mengencerkan lendir di tenggorokan
  2. Jika Anda perokok aktif, untuk sementara waktu berhenti merokok atau kurangi rokok Anda
  3. Jika Anda perokok pasif, hindari paparan asap rokok di mana pun Anda berada
  4. Jika Anda mengidap alergi, sebaiknya pastikan pada dokter sejak awal cara untuk mengatasi reaksi alergi yang berlebihan agar batuk tidak semakin parah
  5. Menghisap pastiles dapat membantu meredakan sensasi gatal di tenggorokan dan melegakan. Tetapi hal ini tidak disarankan untuk anak berusia di bawah 3 tahun.
  6. Lakukan penguapan, baik dengan alat atau juga dengan mandi air hangat agar tenggorokan yang kering menjadi lembap
  7. Minum obat pereda gejala flu yang mengandung decongestan; jenis kandungan obat yang membantu melegakan saluran pernapasan dari lendir.

Photo by Brittany Colette on Unsplash