6 Manfaat Kesehatan dengan Puasa

6 Manfaat Kesehatan dengan Puasa

1 menit baca

Puasa yang digabungkan dengan diet bergizi dan gaya hidup sehat maka bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Puasa adalah aktivitas melakukan pantangan makanan atau minuman untuk jangka waktu tertentu, umumnya 24-72 jam. Praktik ini telah ada sejak berabad lalu pada beragam budaya dan agama dengan cara yang berbeda-beda. Sekarang banyak jenis puasa yang disesuaikan dengan kebutuhan. Ketika puasa digabungkan dengan diet bergizi dan gaya hidup sehat maka dapat bermanfaat bagi kesehatan. Sudahkah Anda mengetahuinya?

6 manfaat puasa dari beberapa penelitian:

  1. Meningkatkan kontrol gula darah dengan mengurangi resistensi insulin
  2. Mengurangi tingkat peradangan
  3. Meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan tekanan darah, trigliserida “jahat” LDL, dan tingkat kolesterol
  4. Meningkatkan fungsi otak dan sintesis sel saraf, serta melindungi dari gangguan neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson
  5. Meningkatkan metabolisme dan menjaga jaringan otot untuk mengurangi berat badan dan lemak tubuh
  6. Meningkatkan kadar hormon pertumbuhan manusia (Human Growth Hormone, HGH) yang berperan dalam pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan, dan kekuatan otot.

Jika Anda ingin menerapkan puasa sebagai salah satu cara menjaga kesehatan, saran utama yang perlu dipastikan adalah menjaga kecukupan cairan. Tubuh harus terhidrasi dan padat gizi dalam periode makan untuk memaksimalkan potensi tubuh.

Sangat disarankan agar sebelum memulai berpuasa, Anda berkonsultasi dengan dokter bila memiliki kondisi kesehatan tertentu, karena puasa bisa mengganggu kesehatan jika tidak dilakukan dengan tepat. Contohnya, jika seorang penderita diabetes berpuasa akan terjadi penurunan kadar gula darah secara tiba-tiba sehingga memperburuk kondisi kesehatan; lemas tiba-tiba atau mungkin pingsan.

Selamat mencoba!

Sumber: Healthline

Photo by Alla Hetman on Unsplash