6 Langkah Tidur Malam Nyenyak Saat Flu

6 Langkah Tidur Malam Nyenyak Saat Flu

1 menit baca

Tidur malam hari kerap terganggu karena terbatuk atau rongga hidung tersumbat. Agar tidur malam nyenyak, perlu tahu beberapa tips berikut ini.

Saat mengalami gejala flu atau pilek, tidur malam hari termasuk aktivitas yang kerap terganggu karena terbatuk atau rongga hidung tersumbat. Padahal kita tahu bahwa obat-obatan yang diberikan dokter akan bekerja optimal jika didukung istirahat yang cukup.

Agar tidur malam Anda nyenyak dan segera pulih dari serangan pilek dan flu, lakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Mandi air panas untuk membuat suhu tubuh turun dan uap air panas juga bisa melegakan hidung tersumbat.
  2. Hangatkan kaki dan tangan dengan minyak atsiri yang bersifat memanaskan, seperti; kayu putih, mint, atau telon. Pijatkan pada telapak kaki dan tangan.
  3. Gunakan kaus kaki agar kaki hangat sepanjang tidur dan membantu tubuh menjadi relaks.
  4. Kenakan pakaian tidur yang cukup hangat agar tubuh tidak kedinginan karena sensasi dingin dapat membangunkan seseorang dari tidur. Ketika musim hujan udara relatif rendah, seseorang yang sedang terserang flu cenderung akan kedinginan.
  5. Istirahat setelah minum obat pada malam hari. Beri jeda 30 menit untuk menenangkan diri sebelum tidur. Aktivitas yang disarankan untuk menenangkan diri adalah mendengarkan musik lembut. Hindari aktivitas yang terlalu aktif, seperti mengakses media sosial di handphone dan menonton televisi.
  6. Jika hidung Anda tersumbat, temukan posisi tidur yang nyaman. Tambahkan beberapa bantal agar posisi kepala lebih tinggi. Biasanya cara ini bisa memperlancar pernapasan.

Catatan:

Jika penderita flu atau pilek adalah anak-anak, saat akan menghangatkan kaki dan tangan pastikan menggunakan minyak atsiri yang tidak terlalu panas untuk mencegah sensasi "sengatan panas" yang justru membuatnya gelisah menjelang tidur.

Photo by elizabeth lies on Unsplash