5 Trik Khusus Agar Segar Saat Video Conference

5 Trik Khusus Agar Segar Saat Video Conference

1 menit baca

Himbauan #DiRumahAja diperpanjang hingga pertengahan April. Maka masih ada puluhan video conference sepanjang periode WFH ini. Yuk, siap-siap biar segar dan "pantas" pas virtual meeting berlangsung.

Selain media sosial, pada periode pandemi virus corona CoViD-19 berlangsung ini, aplikasi yang paling sering digunakan adalah Zoom. Kondisi ini karena sebagian besar pegawai bekerja dari rumah, alias WFH. Tetapi sebenarnya sekalipun kita sekadar video call dengan teman, sebaiknya kita terlihat segar dan menyenangkan, karena akan memberikan kesan lebih positif tentang diri kita; bahwa kita baik-baik saja, segar tidak seperti orang yang menghabiskan waktu dengan rebahan berjam-jam, dan masih normal... :D

Tak usah panjang pikir, persiapan yang perlu dilakukan pun sebenarnya sangat singkat. Seperti ini.

  1. Dinginkan wajah. Bersihkan wajah dengan air dingin atau kompres dengan es akan membuat wajah terlihat lebih segar (Jangan lupa sekalian sikat gigi ya... toh udah telanjur ada di kamar mandi kan). Hal ini perlu dilakukan, karena bisa jadi kita tidur terlalu lama atau makan terlalu banyak garam sehingga terjadi pengumpulan cairan yang membuat wajah terlihat membengkak.
  2. Benahi wajah. Para lelaki sebaiknya bercukur atau merapikan bulu-bulu di wajah, sedangkan perempuan bisa mengenakan bedak dan makeup tipis. Langkah ini akan membuat wajah Anda terlihat cerah dan menyiratkan kondisi mental Anda yang baik dan siap diajak berkomunikasi.
  3. Rapikan rambut. Sisir bagian akar rambut di sebelah depan, karena bagian itulah yang akan terlihat oleh kamera. Jika Anda perempuan dan memiliki rambut panjang, mengikat atau menggelung rambut bisa dilakukan, tetapi tetap sisir akar rambut bagian depan agar terlihat sedikit mengembang.
  4. Temukan spot yang tepat. Untuk menyempurnakan tampilan video saat conference, sebaiknya Anda mencari spot yang tepat, yaitu posisi Anda menghadap ke arah datang sinar matahari. Jika tidak menemukan posisi itu, Anda bisa menggunakan lampu meja, pantulkan ke dinding terdekat agar tidak memberi efek kuning pada wajah Anda.
  5. Lingkungan menyenangkan. Pastikan background lokasi Anda berada terlihat rapi. Jika tidak sempat merapikan, carilah sisi ruang yang kosong. Jika tak ada juga maka Anda bisa menggunakan fasilitas yang mungkin tersedia di aplikasi. Zoom misalnya memiliki virtual background yang bisa dalam sekejap membuat Anda berada di sebuah ruang tidur impian. Pelajari dengan cermat fitur-fitur aplikasi conference Anda.

Photo By Allie Smith on Unsplash