5 Langkah Praktis Membersihkan Air Fryer

5 Langkah Praktis Membersihkan Air Fryer

1 menit baca

Air fryer adalah solusi menggoreng yang lebih sehat. Anda harus rajin membersihkan air fryer dengan benar bila ingin tetap bersih, bekerja dengan sempurna.

Walaupun harga air fryer relatif mahal, pesonanya tetap memikat hati ibu-ibu di rumah. Alasannya karena manfaat air fryer yang membuat makanan digoreng lebih sehat (baca di sini). Jika Anda punya satu di rumah, maka pastikan berhati-hati saat membersihkan air fryer untuk menjaga lapisan antilengket tidak terkikis dan rusak.

Berikut ini langkah praktisnya!

1. Cabut kabel dari stop kontak

Tunggu sampai air fryer benar-benar dingin selama 30 menit.

2. Bersihkan bagian luar

Basahi spons lembut dengan sedikit air dan sabun cuci. Bersihkan seluruh permukaan, lalu keringkan dengan kain mikrofiber.

3. Bersihkan bagian dalam

Jangan rendam unit utama air fryer karena dapat merusak komponen listrik. Anda bisa menggunakan lap basah lembut atau kain mikrofiber dan sabun cuci untuk membersihkan bagian dalam. Setelah itu, bersihkan lagi dengan lap basah hangat yang bersih untuk menghilangkan sisa sabun.

4. Cuci komponen yang dapat dilepas

Lepaskan seluruh bagian air fryer yang digunakan untuk memasak. Cuci dengan air hangat dengan sabun dan spons yang lembut. Jika ada sisa makanan yang menempel dan sulit dibersihkan, rendam komponen tersebut dalam air hangat dan sabun selama 15 hingga 20 menit. Lalu gosok dengan kuas berbulu lembut. Jangan gunakan peralatan berbahan logam karena dapat merusak lapisan antilengket. Setelah dicuci bersih, pastikan komponen dalam keadaan kering sempurna sebelum ditempatkan kembali ke unit utama air fryer.

5. Pastikan air fryer tidak beraroma makanan

Jika air fryer berbau tak sedap, kemungkinan ada cipratan minyak atau lemak makanan yang tertinggal di bagian dalamnya. Cara membersihkan dengan air perasan lemon sebagai berikut:

-  Rendam kain lembut di dalam air perasan lemon

-  Usap bagian dalam air fryer

-  Biarkan selama 30 menit sebelum dicuci lagi.

Selain itu, Anda bisa menggunakan campuran baking soda dan air. Caranya:

-  Oleskan pasta (hasil campuran baking soda dan air) pada bagian dalam

-  Diamkan selama 30 menit

-  Bilas dengan spons yang telah dibasahi air bersih

-  Keringkan secara menyeluruh dengan kain mikrofiber

Image: thekitchn.com