5 Cara Tidak Terjebak Suasana saat Berkantor di Rumah

5 Cara Tidak Terjebak Suasana saat Berkantor di Rumah

2 menit baca

Bekerja di rumah dalam jangka panjang adalah sebuah tantangan. Penyesuaian pun perlu dilakukan agar tidak hanyut dalam kenyamanan rumah. Baca tips ini!

Di tengah pandemi virus corona CoViD-10, banyak dari kita terpaksa bekerja #dirumahaja jika memungkinkan. Keuntungannya adalah kita bisa “libur” dari kemacetan yang menjemukan, lembur di kantor sendirian, berdesakan di angkutan umum, dan hal lainnya.

Tetapi dampak kerugiannya adalah tak sedikit dari kita yang “terjebak” dalam pekerjaan di rumah, misalnya kita terus-menerus memeriksa email di luar jam kerjadan bekerja sampai larut malam.

Berikut ini tips untuk bekerja dengan baik di rumah.

Tentukan tempat Anda bekerja.

Anda mungkin tidak memiliki ruang khusus bekerja di rumah, tetapi ada baiknya tidak bekerja di kamar tidur. Supaya saat Anda sedang beristirahat di kamar tidur, Anda akan terhindar dari suasana “dingin” ruangan kerja. Kualitas tidur yang baik akan dicapai jika hanya menggunakan kamar tidur Anda untuk tidur maka tubuh dan otak dapat menyadari waktu untuk santai, bukan untuk bekerja.

Ciptakan rutinitas hari.

Manfaat mempunyai rutinitas harian adalah memiliki ritme teratur untuk memisahkan waktu Anda untuk bekerja dan beristirahat dengan layak. Rutinitas bisa dimulai dari hal sederhana di pagi hari seperti merapikan tempat tidur, merapikan tempat kerja, membuka semua tirai untuk membiarkan cahaya matahari masuk, mandi dan mengenakan pakaian yang membuat Anda bersemangat, dan makan sarapan bergizi. Jika Anda melanjutkan rutinitas yang berpola pada hari itu maka Anda akan cenderung menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan jam kerja Anda biasanya.

Makan siang dan istirahat.

Menghentikan pekerjaan saat di rumah memang sulit, tepatnya di tengah hari. Tipsnya, setiap Anda bekerja secara intens selama 90 menit, selingi dengan beristirahat selama 15 menit. Anda bisa berjalan ke teras rumah, balkon, atau dapur untuk “keluar” dari area bekerja. Dengan melakukan ini dapat membuat Anda lebih mudah untuk fokus bekerja daripada memaksakan energi untuk bekerja nonstop sepanjang hari.

Matikan laptop atau komputer.

Anda pasti tergoda untuk melihat inbox email kantor jika laptop atau komputer berasa di depan Anda. Anda harus mematikan laptop atau komputer jika sudah waktunya berhenti bekerja. Pindahkan laptop ke dalam laci atau tas agar Anda tidak kepikiran untuk melanjutkan bekerja di malam hari.

Anda bisa merapikan tempat bekerja di rumah sebagai pertanda bahwa Anda sudah selesai bekerja untuk hari itu. Tinggalkan tempat kerja Anda dan pindah ke tempat untuk bersantai. Isi ulang energi Anda dengan beristirahat sehingga bisa kembali berenergi keesokan hari.

Rencanakan kegiatan untuk menutup hari.

Untuk membantu membuat batasan antara pekerjaan dan kehidupan rumah, Anda bisa merencanakan kegiatan yang dilakukan pada akhir hari kerja. Misalnya berolahraga, bermeditasi, atau menelepon anggota keluarga pada waktu yang sama setiap hari. Ini membantu Anda melepaskan diri dari pekerjaan dan membuat Anda siap untuk menghabiskan malam santai.

Photo by Thought Catalog on Unsplash