5 Cara Hindari Infeksi Virus Flu di Area Publik

5 Cara Hindari Infeksi Virus Flu di Area Publik

1 menit baca

Bagaimana cara meminimalkan risiko tertular infeksi virus flu atau pilek di area publik? Terutama saat mewabahnya virus corona CoViD-19 sekarang.

Anda perlu memulai gaya hidup cermat dan tangkas untuk meminimalkan risiko tertular infeksi virus yang menyebabkan flu atau pilek, terutama saat merebaknya wabah virus corona CoViD-19 sekarang. Lindungi diri Anda di area publik dengan cara berikut ini.

Jika kondisi tubuh Anda sehat:

1. Bawa cairan pembersih atau antiseptik

Bersihkan tangan dengan cairan pembersih atau antiseptik yang mengandung disinfektan sebelum makan atau minum.

2. Jangan menyentuh wajah dengan tangan kotor

Pegangan bis atau kereta, tangan tangga atau eskalator, gagang pintu adalah tempat potensial kuman atau bakteri berkumpul. Setelah menyentuh benda-benda tersebut, sebaiknya hindari memegang mata, hidung atau area di dekat mulut tanpa terlebih dulu mencuci tangan.

3. Cuci tangan dengan sabun

Usahakan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir di wastafel yang tersedia, terutama setelah menggunakan toilet umum.

4. Tutup makanan dan minuman

Sebisa mungkin hindari makan dan minum di area publik. Bila terpaksa maka gunakan gelas dan kotak makanan yang bertutup agar virus flu tidak mengontaminasi makanan dan minuman Anda.

5. Waspada dan membantu

Tingkatkan sensitivitas bila ada orang batuk atau bersin di sekitar Anda. Bila mereka tidak menggunakan alat pelindung wajah, tawarkan masker dan tisu untuk membantu agar virus tidak menyebar lebih luas.

Lakukan ini jika kondisi tubuh Anda sedang sakit:

· Kenakan masker untuk memperkecil kemungkinan virus menyebar ke sekitar ketika Anda batuk atau bersin.

· Saat Anda bersin dan batuk tanpa mengenakan masker atau memegang tisu, tutupi area mulut dan hidung dengan lengan bagian atas. Hindari menutup dengan tangan, karena saat Anda memegang benda-benda di sekitar tanpa mencuci tangan, virus akan menempel pada benda-benda itu, dan menulari orang yang kemudian bersentuhan dengan benda tersebut.

· Jangan buang tisu bekas membersihkan lendir sembarangan. Buanglah ke tempat sampah agar tidak menularkan virus flu pada orang lain.

· Hindari area publik. Maksimalkan istirahat di rumah agar tubuh bisa lebih cepat pulih.

Photo by Alicia Steels on Unsplash