4 Cara Siasati Hidung Tersumbat Saat Flu atau Pilek

4 Cara Siasati Hidung Tersumbat Saat Flu atau Pilek

1 menit baca

Hidung tersumbat menyebabkan kondisi tidak nyaman karena tidak bisa bernapas bebas. Simak beberapa cara untuk mengatasi kondisi mengganggu ini!

Hidung tersumbat adalah gejala umum yang dialami seseorang ketika terserang flu atau pilek. Kondisi ini menyebabkan penderita flu dan pilek menjadi tidak nyaman karena tidak bisa bernapas bebas dan sangat mengganggu. Secara medis, penyumbatan hidung terjadi karena selaput lendir yang terdapat di dalam rongga hidung membengkak. Akibatnya saluran yang dapat dilalui udara menjadi lebih sempit.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi kondisi ini, baik dengan obat ataupun penanganan alternatif di rumah.

1.     Obat flu atau pilek

Cari obat flu atau pilek yang mengandung decongestan dan antihistamin. Kombinasi kedua unsur ini sangat ampuh meringankan penyumbatan. Decongestan, zat yang berfungsi melegakan saluran pernapasan dengan cara mengurangi pembengkakan selaput lendir di saluran hidung, sedangkan jenis antihistamin tertentu, selain dapat mengurangi rasa gatal akibat alergi juga bisa mengurangi produksi lendir.

2.     Semprotan pelega

Gunakan pelega sumbatan hidung berupa obat tetes atau semprotan yang dijual bebas di apotek. Walaupun tidak secara langsung mengatasi penyebab sumbatan hidung, jenis obat ini dapat meringankan. Jangan gunakan obat tetes atau semprotan hidung lebih dari 4 hari tanpa berkonsultasi dengan dokter karena akan memperparah gejala dan pada sebagian orang dapat memicu ketergantungan.

3.     Penguapan

Tuangkan air mendidih ke baskom sedang, beri tetesan minyak atsiri mint atau kayu putih. Hirup uap yang keluar dari air panas dan biarkan masuk ke dalam saluran hidung. Agar penguapan lebih optimal, Anda bisa menutupi seluruh kepala dengan handuk lebar sehingga uap panas tersebut tidak menguap ke berbagai penjuru ruang, tetapi hanya terhirup oleh Anda.

4.     Pemijatan

Tekan kedua titik di samping luar cuping hidung dan titik di tengah dahi yang tepat berada di pangkal hidung. Dilakukan secara bergantian. Tahan tekanan hingga 10 hitungan dan lepaskan. Ulangi beberapa kali hingga Anda merasa nyaman. Tekanan pada kedua titik ini dapat meredakan pembengkakan di saluran sinus dan meminimalkan produksi lendir di rongga hidung

Sumber: Jurnal kesehatan umum dan infeksi; USA – Des 2010

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash