10 Tips Bepergian Aman dengan Pesawat saat Pandemi

10 Tips Bepergian Aman dengan Pesawat saat Pandemi

2 menit baca

Persiapkan diri dengan perubahan protokol perjalanan terbaru. Bahkan, Anda harus tiba beberapa jam lebih awal untuk pengecekan kesehatan dan dokumen.

Perlu diingat bahwa para ahli kesehatan belum merekomendasikan masyarakat melakukan perjalanan jika alasannya tidak penting.

Tetapi, apabila Anda harus melakukan perjalanan dengan pesawat terbang saat ini, ada beberapa cara untuk mengurangi risiko dan membantu melindungi kesehatan dan keselamatan Anda. Berikut ini panduan dari para ahli untuk tetap aman selama perjalanan.

1.  Persiapkan diri untuk perjalanan yang berbeda

Perjalanan kali ini akan terasa aneh, mungkin merasa tidak nyaman, dan mungkin menakutkan karena akan banyak prosedur baru untuk menjaga kebersihan dan kesehatan semua pelancong dan pekerja. Tujuan dari prosedur adalah maskapai berusaha untuk membuat penumpang merasa aman selama perjalanan. Anda harus mengetahui apa saja prosedur baru dari maskapai sebelum Anda memesan tiket penerbangan.

2.  Pilih transportasi yang aman ke bandara

Pertimbangan transportasi ini bertujuan untuk meminimalkan risiko terpapar virus sebelum naik pesawat. Jika memungkinkan, Anda bisa meminta seseorang yang dekat untuk mengantar Anda ke bandara.

3.  Kenakan masker setiap saat

Untuk memperlambat penyebaran virus, Anda harus menggunakan masker termasuk saat di bandara dan di pesawat terbang. Anda bisa melepaskan masker ketika diberitahu oleh petugas bandara untuk tujuan identifikasi.

4.  Bawa kebutuhan pribadi sendiri

Untuk meminimalisir risiko penyebaran virus, ada beberapa maskapai penerbangan membatasi layanan makanan dan minuman. Jadi bawa botol air Anda dan isi dengan air mineral agar tetap terhidrasi di dalam pesawat. Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin sebelum perjalanan. Kemungkinan banyak toko dan restoran di bandara masih tutup maka lebih baik membawa makanan ringan dari rumah.

5.   Jaga jarak sebaik mungkin

Ikuti protokol jaga jarak dengan orang lain. Alangkah baiknya bila sudah ada partisi plexiglass antara penumpang dan kru di bandara. Tetapi bila belum ada, ikuti jalur dan tanda untuk menjaga jarak antar individu.

6.   Memilih jadwal penerbangan

Meskipun tidak banyak orang yang terbang saat ini, tetapi jadwal penerbangan yang sedikit bisa berpotensi menyebabkan penumpukan penumpang. Jika Anda khawatir maka diskusikan opsi jadwal penerbangan dengan karyawan maskapai saat melakukan pemesanan tiket. Anda bisa mengecek sudah seberapa banyak kursi terjual dan Anda bisa memilih jadwal yang tidak begitu banyak peminatnya.

7.   Bersihkan tangan sesering mungkin

Saat ini ada kelonggaran setiap penumpang dapat membawa air di satu wadah dengan volume 355ml. Anda bisa menggunakannya untuk cairan disinfektan tangan, sebagai opsi bila tidak ditemukan toilet atau wastafel cuci tangan.

8.   Batasi menyentuh apapun di tempat publik

Hindari menyentuh permukaan apa pun kecuali jika diperlukan untuk meminimalkan perpindahan virus ke tubuh Anda karena biasanya Anda tidak sadar telah menyentuh muka dengan tangan kotor.

9.   Bersihkan area tempat duduk Anda

Anda tidak harus seperti Naomi Campbell yang membersihkan semua area sekitar tempat duduk di pesawat, tetapi tidak ada salahnya menyeka area tempat duduk Anda di bandara dan di pesawat. Banyak maskapai penerbangan telah meningkatkan prosedur pembersihan dengan menggunakan disinfektan tingkat tinggi dan lebih sering, serta penyemprotan elektrostatik.

10. Ikuti terus panduan terbaru

Apabila Anda sudah mengetahui jadwal penerbangan Anda terdekat maka periksa panduan terbaru karena selalu ada perubahan untuk meminimalisir penyebaran virus.

Sumber: Huffpost

Photo by Ashim D’Silva on Unsplash